Monday, January 28, 2013

Komputer generasi perama sampai ke lima


Generasi Pertama (1941-1956)

Perang Dunia memunculkan perkembangan banyak dan dimulai usia komputer. Integrator Numerik Elektronik dan Komputer (ENIAC) diproduksi oleh kemitraan antara University of Pennsylvania dan pemerintah AS. Terdiri dari 18.000 tabung vakum dan resistor 7000. Ini dikembangkan oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly dan adalah komputer tujuan umum. "Von Neumann mendesain Komputer Elektronik Otomatis Diskrit Variabel (EDVAC) pada tahun 1945 dengan memori untuk menampung baik program disimpan serta data." Komputer von Neumann diperbolehkan untuk semua fungsi komputer yang akan dikendalikan oleh satu sumber.
Kemudian pada tahun 1951 datang Universal Automatic Computer (UNIVAC I), yang dirancang oleh Remington Rand dan kolektif yang dimiliki oleh biro sensus AS dan General Electric. UNIVAC luar biasa diprediksi pemenang 1952, pemilihan presiden, Dwight D. Eisenhower.
Dalam komputer generasi pertama, petunjuk pengoperasian atau program secara khusus dibangun untuk tugas yang komputer diproduksi. Bahasa Mesin adalah satu-satunya cara untuk memberitahu mesin ini untuk melakukan operasi. Ada kesulitan besar untuk program komputer ini dan lebih ketika ada beberapa malfungsi. Komputer Generasi Pertama Tabung hampa digunakan dan drum magnetik (untuk penyimpanan data).

Komputer Generasi Kedua (1956-1963)

Penemuan Transistor menandai dimulainya generasi kedua. Transistor ini berlangsung dari tabung vakum yang digunakan dalam komputer generasi pertama. Pertama mesin skala besar dibuat menggunakan teknologi ini untuk memenuhi persyaratan laboratorium energi atom. Salah satu manfaat lain untuk kelompok pemrograman adalah bahwa generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Meskipun kompleks itu sendiri Bahasa assembly jauh lebih mudah daripada kode biner.
Komputer generasi kedua juga mulai menunjukkan karakteristik dari komputer modern dengan utilitas seperti printer, penyimpanan disk dan sistem operasi. Informasi keuangan banyak diolah menggunakan komputer.
Dalam komputer Generasi Kedua, instruksi (program) dapat disimpan dalam memori komputer. Bahasa tingkat tinggi seperti COBOL (Common Business-Oriented Language) dan Formula Translator (FORTRAN) digunakan, dan mereka masih digunakan untuk beberapa aplikasi saat ini.


IBM 7090

IBM 7090, mengumumkan pada tahun 1958, adalah versi transistorized dari vakum tabung-logika-709 dan komputer komersial pertama dengan logika transistor (perangkat komputasi pertama tersebut, menurut [53], adalah IBM 608, tapi itu bukan keperluan umum disimpan-program komputer). 

Komputer Generasi Ketiga (1964-1971)

Meskipun transistor yang banyak perbaikan atas tabung vakum, mereka menghasilkan panas dan merusak daerah sensitif dari komputer. Sirkuit Terpadu (IC) ditemukan tahun 1958 oleh Jack Kilby. Ini dikombinasikan komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil, terbuat dari kuarsa. Kemajuan lebih dimungkinkan alat kelengkapan dari komponen bahkan lebih pada chip kecil atau semi konduktor. Juga pada komputer generasi ketiga, sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai aplikasi. Aplikasi ini dipantau dan dikoordinasikan oleh memori komputer.


IBM 360/91

Komputer Generasi Keempat adalah komputer modern. Ukuran mulai turun dengan perbaikan dalam sirkuit terpadu. Skala Sangat Besar (VLSI) dan skala besar Ultra (ULSI) memastikan bahwa jutaan komponen dapat masuk ke dalam sebuah chip kecil. Ini mengurangi ukuran dan harga dari komputer pada saat yang sama meningkatkan daya, efisiensi dan kehandalan. "Intel 4004 chip, dikembangkan pada tahun 1971, mengambil sirkuit terpadu satu langkah lebih jauh dengan menempatkan semua komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input dan output) pada chip sangat kecil."
Karena pengurangan biaya dan ketersediaan daya komputer di tempat yang kecil memungkinkan pengguna sehari-hari untuk mendapatkan keuntungan. Pertama, minicomputer yang menawarkan pengguna aplikasi yang berbeda, yang paling terkenal di antaranya adalah pengolah kata dan spreadsheet, yang dapat digunakan oleh pengguna non-teknis. Sistem video game seperti Atari 2600 dihasilkan kepentingan masyarakat umum di komputer.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan komputer pribadi untuk rumah dan kantor. "Jumlah komputer pribadi digunakan lebih dari dua kali lipat dari 2 juta pada 1981 menjadi 5,5 juta pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC sedang digunakan." Ukuran komputer semakin terus berkurang selama bertahun-tahun. Ini turun dari Desktop ke laptop untuk palmtop. Mackintosh diperkenalkan Graphic User Interface di mana pengguna tidak perlu mengetikkan instruksi tetapi bisa menggunakan mouse untuk tujuan tersebut.
Peningkatan lanjutan memungkinkan jaringan komputer untuk berbagi data. Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN) adalah potensi keuntungan, karena mereka dapat diterapkan di perusahaan dan semua orang bisa berbagi data di atasnya. Segera Web internet dan World Wide muncul di adegan komputer dan mengobarkan revolusi Hi-Tech dari 90-an.





Desktop Komputer.

Kelima generasi komputer

Komputer generasi kelima terutama komputer masa depan. Tentu saja beberapa komputer modern juga milik generasi ini. Tujuan dari komputer ini adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon input bahasa alami dan mampu belajar dan pengaturan-diri. Dalam jumlah besar komputer CPU yang digunakan untuk kinerja lebih efisien. Pengenalan suara adalah fitur khusus di komputer ini. Dengan menggunakan superkonduktor dan Geeks pemrosesan paralel komputer yang mencoba untuk membuat kecerdasan buatan kenyataan. Komputasi kuantum, molekul dan nanoteknologi akan mengubah wajah komputer di tahun mendatang.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment